Belajar Mencintai Buku

Ada istilah "Are Great Leaders is Readers". Semua pemimpin yang hebat itu ialah mereka yang suka membaca. Hal ini seperti mengharuskan jika kita ingin menjadi pemimpin yang hebat maka harus rajin membaca. Dan memang setiap manusia itu merupakan pemimpin di lingkupnya masing masing.

Kalau ditanya lebih suka mana antara menonton film atau membaca buku. Pasti sebagian besar orang Indonesia memilih menonton film. Padahal buku dan film itu hanya media saja. Hampir setiap orang itu menyukai cerita. Dan di film itu memang lebih banyak menyajikan cerita. Padahal di buku pun kita bisa mendapatkan cerita. Buku tidak melulu tentang sesuatu yang berat untuk dipikirkan. Intinya buku itu hanya media.

Dari pengalaman pribadi, jika kita ingin mencintai buku maka pilihlah buku yang kita sukai terlebih dahulu. Mulai dari genre yang kita sukai. Misalnya sesuatu yang ringan seperti novel fiksi. Ini membantu menumbuhkan minat membaca kita.

Selain itu usahakan juga untuk membaca buku tiap hari. Bisa berkomitmen untuk membaca buku 10 halaman tiap hari atau bahkan 5 halaman tiap hari. Atau ciptakan kondisi yang mengharuskan kita untuk membaca buku tiap hari.

Membaca buku banyak sekali manfaatnya. Membaca buku dapat membuat kita merasakan ketenangan. Memperbanyak kosakata. Secara tidak sadar juga melatih menulis. Dan yang tidak kalah penting ialah mendapatkan pengetahuan yang baru. Pengetahuan inilah yang akan menjadi bahan kita untuk semakin bijak dalam mengambil setiap keputusan hidup.

Comments

Popular posts from this blog

#4 Jangan Berkata Kasar

#3 Sedikit Sedikit Main HP